Minggu, 14 Juli 2019

Pengantar GUI Pemrograman Java

Kelas-kelas Java dapat dibagi menjadi tiga kelompok yaitu kelas-kelas wadah (container classes), kelas-kelas pembantu (helper classes) dan kelas-kelas komponen (component classes). Kelas yang termasuk ke dalam container classes digunakan sebagai wadah atau tempat untuk kelas-kelas komponen yaitu obyek dari kelas seperti JButton, JTexField, JComboBox, JListBox dan JTable. Kelas-kelas yang termasuk ke dalam helper classes digunakan untuk memformat tampilan kelas lainnya.
Container classes dan helper classes penting untuk diketahui karena berperan dalam membuat atau mendesain interfes grafis (GUI). Selain kelas-kelas tersebut, Anda juga perlu mengetahui hirarki turunan (inheritance hierarchy) beberapa kelas Java yang ada kaitannya dengan container classes dan helper classes.
Dari hirarki turunan, selain dapat melihat keterkaitan antara kelas yang satu dengan kelas lainnya, juga dapat melihat metoda-metoda penting yang diwariskan dari kelas atasanya (superclass). Kelas Container, JFrame, JApplet dan JPanel termasuk ke dalam container classes, sedangkan kelas Color, LayoutManager, Font, Graphics dan Dimension termasuk ke dalam helper classes
Kelas Container termasuk ke dalam container classes. Kelas Container sebenarnya adalah Abstract Window toolkit (AWT) container sebagai wadah untuk obyek dari kelas-kelas grafis ketika Java baru pertama kali dirilis, seperti kelas Window, Panel, Frame, Dialog dan Applet. Untuk menyusun obyek atau komponen Java di wadah sesuai dengan posisi yang diinginkan, dapat digunakan kelas bantu LayoutManager. Berikut ini adalah hirarki turunan kelas Container:
Hirarki turunan kelas Container di Java
Kelas Container merupakan kelas turunan langsung dari kelas Component. Kelas Container memiliki banyak sekali metoda selain juga metoda yang diwarisi dari superclass Component. Tabel berikut ini adalah beberapa metoda penting yang dimiliki oleh kelas Container:
Metoda kelas Container
MetodaKeterangan
add(Component comp)Menambahkan sebuah komponen ke dalam wadah (container).
add(Component comp, int index)Menambahkan sebuah komponen ke dalam wadah dengan posisi yang telah ditentukan oleh parameter index.
paint(Graphics g)Menggambar di wadah (container).
paintComponent(Graphics g)Menggambar tiap-tiap komponen di wadah (container).
remove(Component comp)Menghilangkan komponen tertentu dari wadah (container).
remove(int index)Menghilangkan komponen yang ditentukan oleh index dari wadah (container).
removeAll()Menghilangkan semua komponen dari wadah (container).
setLayout(LayoutManager mgr)Menentukan tata letak (layout manager) dari wadah (container).
getLayout()Mengembalikan jenis tata letak (layout manager) yang digunakan oleh wadah (container).
Sumber: https://www.termasmedia.com/pemrograman/java/162-pengantar-pemrograman-grafis-java-kelas-container.html

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon